Mc Luhan mengemukakan media is the message,
media adalah pesan itu sendiri. oleh karena itu, bentuk media saja sudah
mempengaruhi khalayak.
1. Efek Ekonomis
Menimbulkan
berbagai produksi, distribusi, dan konsumsi jasa media massa, membuka lowongan
pekerjaan. Sudah jelas, bahwa kehadiran media massa menggerakkan berbagai
usaha. Mulai dari mereka yang memiliki usaha misalnya, usaha rumah makan dapat
membayar iklan untuk menarik para penikmat kuliner lewat media entah lewat
media elektronik maupun media cetak.
Dan bisa di
pastikan lebih banyak peminatnya jika di bandingkan dengan usaha yang tidak di
iklankan. Sampai kepada kesempatan membuka lowongan pekerjaan untuk
memperlancar usaha rumah makan tersebut.
2. Efek Social ( Menunjukkan status )
Efek ini
berkenaan dengan karakter, bagaimana
kita dapat menilai seseorang yang dipengaruhi oleh media massa, hasil
dari perilaku, cara berfikir, pembawaan, interaksi terhadap seseorang atau
khalayak yang bersamanya, dll merupakan bagian dari efek sosial.
Semisal seorang
pemuda yang merasa puas dengan kepintarannya lalu ia tidak melanjutkan
pendidikan kejenjang universitas dan ia memanfaatkan media Koran untuk
mengetahui informasi yang ada, dengan seorang pemuda pintar lalu ia berniat dan
tekun untuk melanjutkan kejenjang universitas dan sama memanfaatkan media Koran
yang ada.
Walaupun pemuda
pintar namun ia tidak kuliah, dan ia piawai dalam memahami ranah pemerintahan
melalui Koran yang ia baca dengan memakai sedikit emosi dan teori yang ia dapat
di bangku sekolah dulu dan mendengarkan pendapat dari teman yang sama
dengannya. Tentu berbeda dengan pemuda yang kuliah dan mendapat teori secara
efektif, lingkungan berpendidikkan, menggunakan media koran lalu memanfaatkan
media internet untuk membuat dan mewakili semua pendapatnya, sedikit emosi,
namun tertata beberapa teori yang dapat menahan semua emosi yang ada, lalu mendapat
hasil yang lebih baik dari pemuda tanpa teori universitas merupakan salah satu
contoh efek social dari media massa.
3. Efek penjadwalan kegiatan
Kehadiran media
massa membuat aktivitas sehari-hari berpangaruh terhadap adanya media. Di pagi
hari, biasanya masyarakat kota membaca Koran dahulu, Di malam hari, dimana
anak-anak seharusnya tidur, tapi malah menonton tv.
4. Penyaluran perasaan
sering terjadi
bila seseorang menggunakan media untuk menghilangkan perasaan tidak enak,
misalnya kesepian, marah, kecewa, Media dipergunakan tanpa mempersoalkan isi
pesan yang disampaikan. Dengan melihat berbagai acara yang di tampilkan oleh
televisi misalnya seseorang secara tiba-tiba akan tertawa dan menangis sendiri
karena melihat adegan dalam acara televisi tersebut.
5. Efek penyaluran perasaan terhadap media
Kehadiran media massa juga menumbuhkan
perasaan tertentu. Kita memiliki perasaan positif atau negatif pada media
tertentu. Tumbuhnya perasaan senang atau percaya pada media massa tertentu
mungkin erat kaitannya dengan pengalaman individu bersama media massa tersebut,
faktor isi pesan mula-mula amat berpengaruh, tetapi kemudian jenis media itu
yang diperhatikan,apa pun yang disiarkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar